PERANAN SPG
DALAM BISNIS CUCI MOBIL (CARWASH)
Sudahkah
bisnis cuci mobil anda menggunakan SPG(Sales Promotion Girl) atau CS (Customer
Service) untuk dpat menjalin komunikasi dengan customer ?
Belum banyak
pengusaha cuci mobil yang memanfaatkan SPG untuk ikut berperan dalam
meningkatkan omset. SPG memiliki peranan penting dalam bisnis cuci mobil atau
salon mobil. Spg sebagai ujung tombak pemasaran bisnis cuci mobil, karena
mereka biasanya dipasang di depan, dan lansung berhadapan dengan customer.
PERANAN SPG
SPG berperan
pertamakali yang menyambut kedatangan cuctomer atau konsumen baru, menyambut
dengan salam dan senyum, kemudian yang menawarkan jasa cuci mobil yang memiliki
nilai laba yang tinggi. Dengan kepandaian nya melakukan bujuk rayu sehingga
cuctomer memilih jasa yang ditawarkan SPG itu, sukses pertama menjual jasa yang
memiliki nilai laba yang tinggi.
Kemudian
setelah selesai pelayanan jasa maka SPG mengantarkan cuctomer cuci mobil untuk
dipersilahkan mengambil atau membawa mobilnya, dengan sebelumnya menawarkan
jasa pelayanan“Masihkah ada yang kurang
dari mobil yang telah dicuci besih ?”, kalau tidak SPG mengucapkan terimakasih
dan menutupkan pintu mobil. Sukses kedua ini SPG mampu memberi kesan akhir yang
baik sehingga diharapkan customer atau pelanggap baru akan datang kembali
karena mengharapkan pelayanan yang baik.
Tidak
sedikit pelanggan (customer cuci mobil) datang kembali karena rindu (kangen)
terhadap pelayanan yang ramah dari SPG tersebut. Sehingga sering terjadi
pergantian SPG sering customer menanyakan SPG dulu yang pernah melayani menerima
mobil, mengantarkan selesai mobil dicuci, dan mungkin rindu terhadap ucapan
selamat pagi,selamat datang , terimakasih dan juga senyuman dari SPG saat
menerima kedatangannya atau mengantar kepergiaannya.
KRETERIA SPG CUCI MOBIL
Performance (Penampilan).
Performance ini merupakan tampilan fisik yang
dapat dilihat dengan menggunakan penglihatan. Dalam perspektif ini, performance
juga mengilustrasikan tentang pembawaan seseorang. Pembawaan ini diukur dari
penampilan outlook (penampilan fisik) dan desain dress code (desain pakaian),
ukuran dari pembawaan ini subyektif (setiap orang dimungkinkan berbeda).
Communicating style (Gaya Komunikasi).
Komunikasi mutlak harus terpenuhi oleh sales
promotion girl karena melalui komunikasi ini akan mampu tercipta interaksi
antara konsumen dan sales promotion girls. Komunikasi ini diukur dari gaya
bicara dan cara berkomunikasi. Tolak ukur akhir dari gaya komunikasi yang
berhasil jika customer tertarik dan membeli terhadap produk yang ditawarkan.
Body
language.
Body language
ini lebih mengarah pada gerakan fisik (lemah lembut, lemah gemulai, dan
lainnya). Gerak tubuh ketika menawarkan produk dan sentuhan fisik (body touch)
adalah deskripsi dari body language ini. Pengukuran atas body language
dikembalikan kepada konsumen karena bisa bersifat subyektif. Jika memenuhi
unsur tersebut, sangat dimungkinkan sales promotion girls yang direkrut
perusahaan akan mampu menciptakan persepsi yang baik tentang produk yang ditawarkan,
dan akan diikuti dengan minat pembelian.
Produck Knowledge
Produck Knowledge
Pengetahuan
tentang produk atau jasa yang ditawarkan sangat penting bagi seorang SPG.
Kemampuan menawarkan dan menjelaskan tentang hasil pekerjaan jasa cuci mobil
sangat menentukan keputusan customer untuk memilih jasa yang ditawarkan.
Kemampuan
memberi solusi terhadap keluhan customer, seperti mobel baret bisa dihilangkan
atau tidak, noda jamur, baret karena wiper, dan lain-lain, jika SPG mampu
memberi penjelasan dan solusinya, maka customer akan mudah memutuskan untuk mengambil
jasa pelayanan yang ditawarkan.
Para pengusaha
cuci mobil agar tidak ragu lagi merekrut SPG sebagai ujung tombak kesuksesan
dan keberhasilan bisnis jasa cuci mobil.
(AUTO SUKSES,
Konsultan Jasa Bisnis Cuci Salon Mobil, Ahmad Sriyono, Cp.081.5xx.xxx..xxx)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar